Jumat, 11 Desember 2015

Kelalaian yang membutakan

   Kelalaian adalah membiarkan waktu terus berlalu dalam kekosongan dan menuruti setiap hawa nafsu. Allah ta'ala berfirman :
اقترب للناس حسابهم وهم في غفلة معرضون
"Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya)". Qs. Al-Anbiya' : 01

   Pernahkah kita semua dalam kelalian tersebut, saya rasa dari setiap diri kita pernah merasakannya karna sudah pada kenyataannya bahwa ni'mat Allah yg sering diabaikan, disia-siakan oleh manusia adalah ni'mat sehat dan waktu luang, bukan begitu kawan2 semua.?!
Kita sadari adanya ni'mat tersebut disaat kita kehilangan, seperti pada waktu kita sakit, kita akan menyadari bahwa sehat itu lebih baik, lebih indah, mengasikkan karna banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dibandingkan ketika kita sakit yang harus berbaring diatas empuknya kasur yang terbentang. Begitu juga ni'mat waktu luang, seperti apabila kita dibebankan dengan sebuah tugas yang disertai dengan pembatasan waktu, tidak segera mengerjakan agar terselesaikan sebelum waktunya akan tetapi selalu saja mengundur-ngundurkan nya sampai pada saatnya habisnya waktu tersebut sehingga kita menyadari "mengapa tidak dari kemaren2 ya ngerjainnya ? udah mepet ini gimana kalo gk selesai" . . .
Bukannya seperti itu kenyataannya kawan2 semua ?!

   Yahya bin Mu'adz berkata : "orang2 yang rugi dan tertipu adalah orang2 yang menghamburkan hari2nya dengan kekosongan (menganggur), mempergunakan anggota badannya dalam perbuatan2 yang mendapatkan kebinasaan dan mati sebelum ia tersadar dari kejahatan2 yang dilakukannya"

   Sungguh, kelalaian adalah sebuah penyakit & bencana yang berbahaya, ia menguasai hati & jiwa, menawan & memperbudak raga manusia.

   Maka dari itu kawan2 semua, apabila kita mempunyai waktu yang luang, pergunakanlah waktu tersebut dengan sebaik-baiknya, agar kita tidak terkena penyakit kelalaian tersebut yang tanpa kita sadari penyakit itu sungguh sangat merugikan.

Dan kelalaian ini akan saya hubungkan dengan goresan tinta selanjutnya mengenai sungguh sangat berharganya waktu . . . Dan nantikanlahh . . . Sungguh sangat merugikan apabila dilewatkan, terimakasiihhh . ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar